Cara Menguji Kesejajaran Garis

Written By Unknown on Minggu, 30 Maret 2014 | 08.37

Cara Menguji Kesejajaran Garis - Pada kesempatan kali ini saya akan membahas materi matematika untuk SMP yaitu mengenai Kesejajaran Garis, langsung saja simak materi dibawah.

Jika ada dua garis yang berbeda dalam satu bidang maka dua garis tersebut akan berpotongan atau sejajar, tetapi tidak keduanya. Pada gambar berikut, garis a berpotongan dengan garis b, sedangkan garis c sejajar dengan garis d.

Untuk lebih jelasnnya silahkan anda simak langkah-langkah dan gambar ilustrasi dibawah.
  1. Letakkan penggaris pertama sehingga berimpit dengan garis k, dan letakkan penggaris kedua pada ujung penggaris pertama sehingga kedua penggaris ini saling tegak lurus.
  2. Geserlah penggaris pertama menurut penggaris kedua sehingga sampai menyentuh garis l. Karena garis pertama berimpit dengan garis kedua, maka kita dapat mengatakan bahwa garis k sejajar dengan garis l. Bagaimana dengan garis m?
  3. Geserlah lagi penggaris pertama sampai menyentuh garis m. Karena penggaris pertama tidak berimpit dengan garis m, maka garis k tidak sejajar dengan garis m. Atau dengan kata lain, garis k dan garis m akan berpotongan jika kedua garis tersebut diperpanjang.
Cara Menguji Kesejajaran Garis

Demikian pembahasan menganai Cara Menguji Kesejajaran Garis semoga bermanfaat untuk anda.

0 komentar:

Posting Komentar